Jumat, 17 Februari 2012

Abstrak Hasil Penelitian

ABSTRAK

Ati Lasmanawati. (2011). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Proses Berpikir Reflektif terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa.

Penelitian ini tentang kemampuan koneksi dan berpikir kritis matematis. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil pembelajaran matematika di Indonesia dalam kemampuan koneksi dan berpikir kritis matematis siswa masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan ke-dua kemampuan tersebut adalah pembelajaran menggunakan pendekatan proses berpikir reflektif. Penelitian ini termasuk kuasi eksperimen yang berbentuk Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Kecamatan Sungailiat, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sungailiat. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal tes, angket sikap siswa, jurnal, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, disimpulkan bahwa kemampuan maupun peningkatan kemampuan koneksi dan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan proses berpikir reflektif lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; sikap dan aktivitas siswa setelah memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan proses berpikir reflektif secara keseluruhan semakin baik.

Kata Kunci:     pendekatan proses berpikir reflektif, koneksi dan berpikir kritis matematis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar